Wednesday, March 13, 2013

Manfaat kandang umbaran untuk burung lovebird

Sebagai peternak, ada kalanya kita akan melakukan penjodohan. Proses ini dapat dilakukan dengan 2 macam cara, yaitu dengan cara mendempetkan kandang 1 dengan yang lain, dan cara yang kedua dan yang paling ampuh kami lakukan yaitu dengan cara umbaran.

Yang dimaksud dengan cara umbaran adalah, beberapa ekor Love Bird dimasukkan dalam 1 kandang berukuran besar, dengan tujuan Love Bird akan mencari jodohannya secara alami. Dari sini kami mendapat pengalaman bahwa jodohan dari umbaran akan memiliki waktu bertelur lebih cepat. Dikarenakan Love Bird sudah merasa cocok dengan lawan jenisnya. 

Apa Tanda Love Bird Sudah Mendapat Jodohan Alaminya?
Love Bird akan terlihat berdua-an terus pada kandang umbaran. Sering terlihat Love Bird petan/seperti menggaruk garuk kepala lawan jenisnya, bahkan bisa juga kawin di kasang umbaran jika Love Bird sudah sama sama birahi. Jika anda sudah melihat tanda ini, pindahkan ke kandang baterai agar sepasang Love Bird tersebut fokus untuk bereproduksi.

Dengan Proses ini, syarat mutlak yang harus dimiliki tentu saja Kandang Umbaran. Ada beberapa orang yang menjual kandang umbaran sesuai kebutuhan kita, tetapi bisa juga kita membuat kandang umbaran sendiri sesuai keinginan untuk menekan pengeluaran dalam pembuatan kandang. :)

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kandang Umbaran?

1.Jangan ada benda benda tajam / bersiku tajam dalam kandang. Mencegah resiko Love Bird terluka dan tersangkut.
2.Buatlah dari bahan material yang tidak hancur dihancurkan oleh love bird. Mencegah Love Bird lepas.
3.Pastikan tidak ada celah dalam kandang umbaran. Mencegah resiko Love Bird Terbang
4.Ukuran Kandang Umbaran dibuat sebanding dengan banyakkan target Love Bird yang akan dimasukkan. Semakin banyak target love Bird, buat kandang Umbaran semakin besar. Dengan perhitungan 1x kandang baterai = 1pasang love bird. Mencegah Love Bird bertengkar karena kandang sempit.
5.Buatlah kandang umbaran yang fleksibel dalam artian kotoran dapat dibersihkan dengan mudah. Mencegah penyakit yang timbul bila kotoran lama tidak dibersihkan.
6.Masukkan tangkringan dan jumlah tempat makan dan minum yang sebanding dengan jumlah Love Bird

Semakin besar kandang umbaran, semakin bagus dalam digunakan. Love Bird dapat dengan bebas beterbangan dan mencari jodohan, namun juga perlu diperhitungkan bagaimana cara menangkap Love Bird didalam kandang dengan aman (umumnya menggunakan jaring)

Cara Kerjanya juga cukup mudah:
1.Masukkan beberapa pasang Love Bird yang belum berjodoh / masih belum dapat jodohan,
2.Perhatikan (tunggu dan awasi) Love Bird dalam kandang jika mungkin ada yang bertengkar,
3.Umumnya Love Bird akan mendapat jodohan dalam waktu yang relatif cepat (1-2 hari)
4.Periksa ulang jenis kelamin sepasang jodohan Love Bird alami,
5.Jika sudah benar, Masukkan ke dalam kandang baterai dan Selamat! Love Bird anda sudah mendapat jodohan secara alami.

Berikut adalah contoh foto kandang umbaran sederhana yang aman yang kami dapat dari googling. Semoga dapat menginspirasi kawan kawan sekalian.


No comments:

Post a Comment